Ipo (initial Public Offering) – Penawaran Umum Perdana – Proses Langkah

Penawaran umum perdana atau IPO merupakan proses dimana perusahaan swasta konsultan ipo dapat go public menggunakan menjual sahamnya pada rakyat generik. Ini bisa berupa perusahaan baru, belia atau perusahaan usang yg menetapkan buat terdaftar di bursa & karenanya go public.

Perusahaan bisa mempertinggi modal ekuitas menggunakan jasa konsultan ipo bantuan IPO dengan menerbitkan saham baru kepada publik atau pemegang saham yg ada bisa menjual sahamnya ke publik tanpa menambah modal segar.

Baca jua ? Manfaat Perusahaan Go Public – Keuntungan Kerugian & ContohPersiapan Awal Go Public1. Pembentukan Tim IPO internal

Proses go public memerlukan proses yg meliputi beberapa aspek, sebagai akibatnya pembentukan tim IPO yg bertenaga merupakan hal yang relatif penting. Tim internal sebaiknya terdiri dari orang-orang yang menguasai atau pakar dalam aspek keuangan dan aspek sah.

Tim ini akan bekerjasama menggunakan para profesional yang ditunjuk perusahaan buat membantu proses IPO, khususnya pada mempersiapkan dokumen prospektus.dua. Pertimbangan awal

Beberapa hal berikut adalah perlu dipertimbangkan pada tahap-tahap awal:Berapa kisaran dana yang diharapkan perusahaan berdasarkan IPO? Hal ini perlu disinergikan dengan planning bisnis perusahaan.Berapa persentase kepemilikan publik aporisma yg diinginkan oleh para pemegang saham pendiri? Pada kebanyakan perusahaan, pemegang saham pendiri menginginkan buat tetap sebagai pemegang saham pengendali perusahaan. Pada sisi-sisi lain, semakin besarpersentase kepemilikan publik, saham perusahaan akan cenderung lebih aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia sehingga risiko likuiditas bagi investor akan lebih rendah.Untuk suatu gerombolanperusahaan yang mempunyai poly anak usaha dan terdiri dari beberapa lini usaha, beberapa hal perlu dipertimbangkan:– Perusahaan mana yang akan ditawarkan sahamnya pada publik?– Apakah perlu ada spin-off, merger, akuisisi, atau pelepasan aset sebelum jasa pengurusan ipo melakukan penawaran umum?Semakin akbar nilai perusahaan yang sahamnya dijual pada publik, pada umumnya akan relatif lebih menarik minat investor.Apakah terdapat ketentuan perijinan pada peraturan, perjanjian atau hal-hal lainnya yg perlu ditindaklanjuti atau dilakukan amandemen sebelum IPO?Apakah masih ada konflik signifikan, misalnya pertarungan aturan yang bisa mengganggu kelangsungan usaha perusahaan & diperkirakan dapat mengganggu proses IPO?Apakah perusahaan perlu melakukan perubahan atas susunan direksi dan/atau komisaris perusahaan?tiga. Penunjukan profesional eksternal

Untuk membantu perusahaan pada proses IPO, perusahaan perlu melakukan seleksi atas beberapa pihak sebagai berikut:

a. Penjamin Emisi Efek (underwriter) yang akan membantu memberikan saham perusahaan kepada investor.b. Akuntan Publik yang akan melakukan audit atas laporan keuangan perusahaan.c. Konsultan Hukum yang akan melakukan pemeriksaan menurut segi aturan dan menaruh pendapat aturan.d. Notaris yang akan membantu pada melakukan perubahan Anggaran Dasar, membuat akte-akte & perjanjian-perjanjian.e. Penilai, apabila perusahaan mempunyai aset permanen berupa tanah atau bangunan yang perlu dinilai oleh jasa konsultan penilai independen.f. Biro Administrasi Efek yang akan membantu melakukan administrasi kepemilikan saham perusahaan.

Seleksi yang dilakukan perusahaan usahakan mempertimbangkan rekam jejak & reputasi para profesional tersebut pada membantu proses IPOdalam perusahaan lainnya dan besarnya biayayg diajukan masing-masing profesional.

Perusahaan juga perlu memastikan bahwa profesional yg ditunjuk adalah profesi penunjang pasar modal ygtelah terdaftar di OJK.4. RUPS dan Perubahan Anggaran Dasar

Dalam termin persiapan ini, perusahaan mengadakan RUPS buat memperoleh persetujuan go public menurut seluruh pemegang saham dan penetapan berapa jumlah saham yg akan ditawarkan pada publik.Perusahaan juga perlu melakukan perubahan Anggaran Dasar dari PT tertutup sebagai PT terbuka.

Selain itu, perusahaan pula perlu membentuk Sekretaris Perusahaan, Audit Internal & Komite Audit, bila belum terdapat sebelumnya.lima. Mempersiapkan dokumen-dokumen

Untuk go public & mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, perusahaan terlebih dahulu membicarakan Pernyataan Pendaftaran pada OJK & permohonan pencatatan saham pada Bursa Efek Indonesia, menggunakan mempersiapkan antara lain beberapa dokumen berikut ini:

a. Profil perusahaan, kabar tentang planning IPO, underwriter & profesi penunjang.b. Pendapat & laporan inspeksi berdasarkan segi aturan menurut Konsultan Hukum.c. Laporan Keuangan yang diaudit Akuntan Publik.d. Laporan Penilai (jika ada).e. Anggaran Dasar perusahaan terbuka perusahaan yg sudah disetujui Menteri Hukum dan HAM.f. Prospektus, yang berisikan antara lain informasi yang masih ada pada dokumen a. hingga dengan e. di atas.g. Proyeksi keuangan.IPO (Initial Public Offering) – Penawaran Umum Perdana – Penjelasan & Panduan, Proses Langkah-Langkahnya. Sumber foto: Pixabay. Ilustrasi: PINTERpandai.comLangkah Proses Pendaftaran Perusahaan Publik IPO

Panduan ini akan menguraikan langkah-langkah umum yg terlibat pada proses tadi, yang sanggup memakan saat mulai dari enam bulan sampai lebih berdasarkan satu tahun buat menyelesaikannya.

Berikut merupakan langkah-langkah yg wajibdilakukan perusahaan buat go public melalui proses IPO:Pilih bankUji tuntas dan pengarsipanPenetapan hargaStabilisasiTransisiLangkah 1: Pilih bank investasi

Langkah pertama dalam proses IPO merupakan perusahaan penerbit menentukan bank investasi buat memberi nasihat kepada perusahaan mengenai IPO & menyediakan layanan penjaminan emisi. Bank investasi dipilih menurut kriteria berikut:ReputasiKualitas penelitianKeahlian industriDistribusi, yaitu, bila bank investasi dapat memberikan sekuritas yang diterbitkan pada lebih poly investor institusi atau lebih poly investor individuHubungan sebelumnya dengan bank investasiLangkah dua: Uji tuntas dan pengajuan peraturan (Due diligence and regulatory filings)

Penjaminan emisi (underwriting) adalah proses dimana bank investasi (penjamin emisi) bertindak menjadi mediator antara perusahaan penerbit & investor publik buat membantu perusahaan penerbit menjual saham awalnya. Pengaturan penjaminan emisi berikut tersedia buat perusahaan penerbit:Komitmen Pasti (Firm Commitment)

Berdasarkan perjanjian semacam itu, penjamin emisi membeli seluruh penawaran dan menjual kembali sahamnya kepada investor publik. Perjanjian penjaminan emisi komitmen perusahaan mengklaim perusahaan penerbit bahwa sejumlah uang akan dikumpulkan.Perjanjian Upaya Terbaik (Best Efforts Agreement)

Berdasarkan perjanjian tersebut, penjamin emisi tidak mengklaim jumlah yg akan mereka kumpulkan buat perusahaan penerbit. Ini hanya menjual sekuritas atas nama perusahaan.Perjanjian Semua atau Tidak Ada (All or None Agreement)

Kecuali seluruh saham yg ditawarkan bisa dijual, penawaran dibatalkan.Sindikat Penjamin Emisi Efek (Syndicate of Underwriters)

Penawaran umum bisa dikelola oleh satu penjamin emisi (dikelola tunggal) atau oleh beberapa manajer. Jika ada beberapa manajer, satu bank investasi dipilih sebagai manajer utama atau manajer pembukuan.

Berdasarkan perjanjian tadi, bank investasi primer membentuk sindikasi penjamin emisi menggunakan membentuk aliansi strategis dengan bank lain, yang masing-masing lalu menjual sebagian menurut IPO.

Perjanjian semacam itu muncul ketika bank investasi primer ingin mendiversifikasi risiko IPO di antara beberapa bank.

Baca juga ? Underwriting – Penjaminan Emisi Efek (PEE) – Pengertian, Peran Jenis Kontrak & ContohPenjamin emisi harus menyusun dokumen-dokumen berikut:

Surat Keterlibatan (Engagement Letter): Surat perjanjian umumnya mencakup:

Klausul penggantian: Klausul ini mengamanatkan bahwa perusahaan penerbit wajibmenanggung semua porto sendiri yg dimuntahkan sang penjamin emisi, bahkan apabila IPO ditarik selama termin uji tuntas, termin pendaftaran , atau termin pemasaran.

Spread kotor / bonus penjaminan emisi: Spread kotor diperoleh menggunakan mengurangkan harga pada mana penjamin emisi membeli terbitan berdasarkan harga waktu mereka menjual terbitan.

Spread kotor = Harga jual menurut kasus yang dijual sang penjamin emisi – Harga pembelian berdasarkan masalah yang dibeli oleh penjamin emisiGross spread = Sale price of the issue sold by the underwriter – Purchase price of the issue bought by the underwriter

Leave a Reply

Your email address will not be published.