Makalah Komputer ~ Sejarah Personal Komputer Lengkap

1.1        Latar Belakang Masalah

Pengertian Komputer adalah sistem elektro untukmemanipulasi data yg cepat & tepat serta didesain dan pada organisasikansupaya secara otomatis menerima & menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkanoutput dari instruksi-instruksi yang sudah tersimpan pada

dalammemori. Komputer tak jarang kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-haribaik di pakai buat meringankan pekerjaan, menjadi hiburan juga untukbekerja. Komputer sudah merambah ke aneka macam sektor dalam kehidupan kita,nir saja dipakai sang orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpunsudah terbiasa menggunakan alat elektronika ini. Karena perkembangan teknologi yangsemakin maju maka dapat mengoprasikan sebuah komputer adalah keliru satutuntutan yang wajibbuat kita agar nantinya kita tidak gaptek pada ilmupengetahuan & teknologi.

Berbicara mengenai computer, nir tanggal menurut sejarahperkembangan computer menurut generasi ke generasi itu sendiri. Banyaknya parapakar yg berusaha buat menghadirkan computer terbaik yang dapat digunakanmanusia selama bartahun-tahun sebagai akibatnya terciptalah computer yg mudah danminimalis sebagai akibatnya bisa memudahkan kerja insan.

1.dua        Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah tadi maka penyusun dapatmerumuskan suatu kasus, yaitu :

a.    Bagaimana sejarah perkembangancomputer menurut generasi ke generasi?

b.    Jelaskan perkembangn computer darimasing-masing generasi?

1.3        Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan makalah ini merupakan buat memenuhitugas pada mata kuliah Komputer Internet.

2.1        Sejarah Komputer

Dalam situs Computerscience Lab pada artikel Ilustrasi sejarah personal komputermenjelaskan bahwa istilahkomputer dikaitkan menggunakan sebuah profesi pekerjaan sebagaimana istilah mesinmekanik personal komputerketika ini karena mesin ini melakukan pekerjaan yangsebelumnya sudah diberikan kepada orang-orang yang awalnya nama pekerjaan,sejarah istilah personal komputerini dipakai untuk menggambarkan mereka (insan terutama wanita) yang tugasnya melakukan perhitungan berulangyang dibutuhkan untuk menghitung hal-hal misalnya tabel navigasi, grafik naikturun dan posisi planet untuk penanggalan astronomi.

Bayangkan bila Anda mempunyai pekerjaan seperti ini pada mana jam demi jam, hari demi hari,hanya buat melakukan perghitungan & perkalian. tentunya rasa bosan akantimbul menggunakan cepat dan memicu kecerobohan yg mengarah dalam kesalahan. Olehkarena itu dalam sejarah komputer disebutkan bahwa selama ribuan tahun orangtelah memikirkan buat indera mekanik yang dapat melakukan tugas perhitungan yangakurat & dapat bekerja menggunakan cepat.

Distributor Komputer Medan Ada yg menyebutkanbahwa Sejarah Komputer berawal dari5000 tahun yg kemudian ketika ditemukannya indera hitung pertama.  Alat inidisebut abakus atau sempoa. Alat hitung ini ditemukan pertama kali dalamsejarah Babilonia kuno, berbentuk belahan papan diatasnya ditaburi pasirsehingga orang bisa menulis atau menghitung. Oleh karenanya maka  alatini diklaim abakus, asal kata menurut bahasa Yunani ABACOS, artinyamenghapus debu. Oleh bangsa Cina berbagi abakus ini menjadi dua bagian.Pada kisi-kisi  atas dimasukkan 2 bijian  dan 5 bijian  dalam terali bawah. bentuk inilah yg yg terkenal hingga waktu ini buat melakukanperhitungan aritmatika.  sampai  saat ini  penemuan Abakus atausempoa ini bisa dipercaya sebagai awal mula Sejarah Komputer.

Ada juga sumber yangmengatakan bahwa Sejarah Komputer itu bermula semenjak ditemukannya alatmekanik & elektro buat proses olah data telah dilakukan seiringditemukannya alat-alat mekanika & elektronika (mechanical and electronic)untuk membantu dalam perhitungan yang cepat. Dari awal dimulainya Sejarahperkembangan Komputer hingga  pengembangan perangkat modern misalnya yangkita temui saat ini merupakan suatu evolusi dari penemuan alat  mekanik danelektronik.

Entah mana yg benarsejarah personal komputerbermula darimana,  yang jelas ketika ini komputer tidaklagi sebagai alat hitung biasa, tetapi sudah memasuki ke segala aspek kehidupandan pekerjaan. Komputer yg ada sekarang memiliki kemampuan yg lebih darisekedar perhitungan matematika biasa namu sanggup dimanfaatkan diberbagai bidangpekerjaan, lihat saja penggunaan komputer dibidang kedokteran, misalnya USG CTScan & lainya, di super-super market dipakai di kasir buat melakukanbilling dengan indera pembaca barcode.

Sejarah Komputermekanik diawali sang inovasi Blaise Pascal  (1623-1662.), Pada tahun1642, yg dalam ketika itu Blaise Pascal  baru saja memasuki remaja diusia18 tahun, yang dia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numericalwheelcalculator) buat membantu ayahnya dalam melakukan penghitungan pajak.Kotak kuningan ini yang disebut Pascaline, mempergunakan roda putarbergerigi  sebesar delapan butir, dipakai  buat menjumlahkanbilangan sampai delapan digit. Alat ini adalah indera penghitung sapta berbasissepuluh. Kelemahannya apabila perhitungan sudah melebihi 10 digit nomor . DalamTokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer menyebut Blaise Pascal adalah orangyang berjasa karena menemukan ide pertama buat personal komputerdigital.

dalam Tahun 1694,seseorang saintis matematika & filosof Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz(1646-1716) menyempurnakan  Pascaline dengan membuat mesin yg mampumelakukan operasi perkalian. Sama misalnya pendahulunya, indera ini permanen bekerjamenggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari  maha karya Pascal,Leibniz sanggup menyempurnakan alatnya.

Dalam Catatan SejarahKomputer jua menyebut nama Charles Xavier Thomas de Colmar di tahun 1820,membangun mesin yang memiliki kemampuan melakukan pengoperasian empat fungsiaritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikanpendekatan yg lebih simpel pada kalkulasi karena indera tadi dapatmelakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bersama-samadengan Pascal & Leibniz, Colmar membantu mengukir menggunakan tinta emas padaSejarah perkembangan personal komputerdengan membangun era komputasi mekanikal.

Gambar 1. (Babagge & karyanyaMesin differensial)

Di tahun 1812, CharlesBabbage (1791-1871) seseorang profesor matematika berkewarga negaraanInggris,  sudah mengakeslarasi kemajuan Komputer berdasarkan abad ke 16seakan-akan jalan di loka. Ia memajukan piranti ini pada bidang hardware denganmenemukan sebuah difference engine yg memungkinkan perhitungan tabelmatematika. Menurut catatan Sejarah Komputer,  Babbage menemukan idemengenai analytical engine pada tahun 1834, waktu bermaksudmengembangkan difference engine-nya, Orang-orang yg pesimis menyebutpenemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerjadengan mesin penganalisanya hingga mati. Charles Babbage, memperhatikankeserasian alam antara mesin mekanik & matematika yaitu mesin mekanik sangatcocok pada melakukkan tugas yg sama & berulangkali tanpa kesalahan; sedangmatematika memerlukan repetisi sederhana menurut suatu langkah-langkah tertentu,mesin tadi dinamakan Mesin Differensial menggunakan memakai daya tenaga uap,mesin tadi dapat menyimpan program & dapat melakukan kalkulasi sertamencetak hasilnya secara otomatis. Penemuan Babbage dan Pemikiran-pemikirannyayang jelas (output Grosir Komputer Medan penelitiannya) mendeskripsikan karakteristik Komputer elektronik terkini. Penemuan Babbage ini merupan tonggak sejarahkomputer modern.

Setelah bekerja denganMesin Differensial selama satu dasa warsa, kemudian Babbage terinspirasi buat  membuatkomputer general-purpose yg pertama, yg diklaim Analytical Engine. AsistenBabbage, dalam pembuatan mesin ini Augusta Ada King (1815-1842) mepunyai peranpenting karena telan membantu merevisi rencana dan  mencari pendanaan daripemerintah Kerajaan Inggris, & mengkomunikasikan spesifikasi AnalyticalEngine pada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yg baik tentang mesin inimemungkinkannya menciptakan instruksi buat pada input ke pada mesin & jugamembuatnya sebagai programmer perempuanpertama. pada tahun 1980, DoD Jual Komputer Medan atauDepartemen Pertahanan, Pentagon USA menamakan sebuah bahasa pemrograman dengannama ADA menjadi penghormatan dalam Babbage.

Mesin uap Babbage tidakpernah rampung dikerjakan, kelihatan sangat sederhana jika Toko Komputer Medan  dibandingkandengan standarisasi mesin kiniini. Meskipun demikian, indera tersebutmenggambarkan elemen dasar dari sebuah personal komputerterkini & pula mengungkapkansebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, Basic desain dariAnalytical Engine mempergunakan Punched Harga Komputer Medan Card (berlubang-lubang) yg memuat instruksi operasi bagi mesin itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.