Materi Kjd

Komputer & jaringan dasar (Kjd). Rangkuman materi. BAB 1 “10 perangkat keras komputer”

1. Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen – komponen personal komputer .Cara memasang : 1) Ketika semua terpasang dalam Motherboard.dua) Pasang Motherboard dalam casing.3) Kencangkan baut.

2. Processor adalah sebuah ic yang mengobrol semua jalannya sistem komputer.Cara memasang :1) Buka tuas pengunci.dua) Letakkan dengan benar.tiga) Kunci balik .

3. Harddisk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menjadi media penyimpanan.Cara memasang :1) Letakkan Harddisk dibagian samping casing sinkron dengan slotnya.2) Pasang baut dalam Harddisk ke Motherboard.tiga) Pasang kabel sata/atau menurut Harddisk ke Motherboard.4) Pasang kabel Power Toko Komputer Medan supply Grosir Komputer Medan pada Harddisk.

4. Pc cooler/heatsink adalah perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan sang personal komputer .Cara memasang :1) Letakkan heatsink diatas Processor.2) Sebelumnya oleskan pasta dalam heatsink buat menghilangkan panas.tiga) Kunci tuas heatsink.4) pasang kabel heatsink ke Motherboard.

5. VGA ( Video Grafik Adapter) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi memasak data grafik yg akan ditampilkan sang monitor.Cara memasang :1) Letakkan VGA pada slot yg masih ada pada Motherboard.2) Pasang baut & Kencangkan.

6. Optimal drive adalah galat satu perangkat keras yg berfungsi membaca juga menulis data berdasarkan kepingan CD/DVD.Cara memasang :1) Letakkan  CD room dalam slot XD room.dua) Kencangkan baut yg terdapat pada masing – masing sisinya.

7. Power supply merupakan perangkat keras yang berfungsi menjadi penyuplai daya ke komponen – komponen lain seperti Motherboard.Cara memasang :1) Letakkan Power supply pada casing.2) Kencangkan baut supaya Power supply lebih kuat.tiga) Pasang kabel panel ke Motherboard, Harddisk dan CD room.

8. RAM ( Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data juga induksi yg dilakukan sang Processor.Cara memasang :1) Letakkan RAM pada slot RAM.dua) Kencangkan baut soundcard supaya nir terjatuh saat casing dipindahkan.

9. Soundcard  adalah perangkat keras yg berfungsi mengolah data berupa audio ataupun bunyi.Cara memasang :1) Letakkan soundcard dalam slot.dua) Kencangkan baut soundcard supaya tidak terjatuh saat casing dipindahkan.

10. NIC / Lan card merupakan sebuah kartu yg berfungsi menghubungkan komputer kedalam jaringan internet.Cara memasang :1) Letakkan lancard dalam slot.2) Kencangkan baut soundcard agar tidak terjatuh waktu casing dipindahkan.

Cara menginstal sistem operasi Windows 7 memakai Jual Komputer Medan virtual box :

Baru > next > (nama) instalasi > ganti OS tipe (Windows) > versi (Windows 7) > next > (alokasi memori) > kalau 2gb (2048) > next > (alokasi harddisk) > pilih “create new hard disk” > next > (pilih VDI) > next > (pilih “dinamically allocated”) > next > (manipulasi harddisk) misal 100gb> next > create > create.Cara masukin CD : pilih menu setting > storage > empty (masih kosong) > CD/DVD drive > klik lalu pilih paling atas > klik Windows 7 > Open > nama > klik Open > Harga Komputer Medan mulai.

K3lh lingkungan sekolah, ruang lingkup tkj.Tujuan keselamatan & kesehatan kerja adalah :1. Melindungi para Pekerja menurut kemungkinan – kemungkinan buruk yg mungkin terjadi akibat kecerobohan pekerja/siswa.dua. Memelihara kesehatan para pekerja/siswa buat memperoleh hasil pekerjaan yg optimal.tiga. Mengurangi angka sakit/kematian diantara pekerja.4. Mencegah timbulnya penyakit menular.lima. Meningkatkan kesehatan fisik.6. Menjamin keselamatan.7. Sumber produksi dipelihara secara aman & efisien.

Keselamatan kerja merupakan keselamatan yang bekerjasama erat dengan mesin, peralatan kerja, bahan & proses pengolahan.Ketika memakai mouse usahakan sejajar antara pergelangan tangan & mouse.Badan pada posisi tegak didepan komputer & jarak pandang antara mata dan monitor lebih kurang 45-70 centimeter.Hal yang harus diperhatikan pada pengaturan monitor adalah :1. Letakkan monitor dan keyboard sempurna didepan kita.dua. Tinggi monitor diatur sedikit dibawah kita.3. Jarak antara monitor dan pekerja sepanjang tangan kita.4. Sudut monitor menunjuk ke mata buat menghindari sinar lampu yg silau.5. Apabila menggunakan kacamata turunkan monitor lebih rendah.6. Jika menyalin dokumen, letakkan sedekat dokumen tadi dideket monitor agar tidak terlalu banyak menoleh.

Untuk menghindari gangguan – gangguan tersebut pekerja harus menerapkan prinsip – prinsip ergonomi.1. Pengaturan tempat kerja.2. Penggunaan kursi.tiga. Penggunaan keyboard / mouse.4. Pengaturan monitor.lima. Istirahat sejenak.

Gangguan yang dialami :1. Gangguan punggung bagian atas ditimbulkan posisi duduk yg terlalu jauh.2. Mata terasa lelah / pusing disebabkan pencahayaan yang nir sesuai.tiga. Gangguan dalam tangan ditimbulkan lengan yang nir lurus ketika memegang mouse/keyboard.4. Gangguan dalam bahu ditimbulkan lantaran meraih Distributor Komputer Medan objek terlalu jauh.lima. Otot kaki kam disebabkan posisi kaki yg galat.6. Gangguan punggung bawah ditimbulkan lantaran duduk yg galat.

BAB 2 “Cara menganalisa & memperbaiki kerusakan hardware”

1. Cara menganalisa & memperbaiki kerusakan pada harddisk. 

1) Hang / Frezee pada komputer.Hang dikarenakan sang rusaknya beberapa sektor dalam duster harddisk.2) Loading screen yg lama.Hal ini disebabkan oleh rusaknya arsip sistem akibat menurut serangan virus personal komputeratau sang rusaknya harddisk.tiga) Disk Boot Failure.Gejala ini muncul ketika pertama kali boot. Bios pertama kali akan  mendeteksi file sistem yg ada dalam hardware.

dua. Cara menganalisa dan memperbaiki kerusakan  CD rom.

1) CD / DVD rok yg macet.Hal ini disebabkan karena kerusakan pada motor baki CD romantis. Selain itu jua karena dampak gigi roda & karet yg sudah mekar. Cara memperbaikinya merupakan menggunakan mengganti motor baki yang rusak dengan yang baru. Tetapi bila terasa masih bagus, mampu dipakai pelumas menjadi kelancarannya.dua) CD / DVD tim nir bisa membaca isi kepingin.Hal ini disebabkan lantaran jangka ketika pemakaian yg lamasebagai akibatnya menyebabkan melemahnya kinerja optik, yang ke 2 adalah perseteruan yg terjadi dalam tegangan Power supply, yg ketiga adalah kerusakan dalam ic controller atau juga kecepatan putaran motor Disk yg kurang aporisma. Cara memperbaikinya adalah menggunakan membersihkan bagian optik CD / DVD rom.

tiga. Cara menganalisa dan memperbaiki kerusakan Ram. 

1) Tegangan listrik yg nir stabil.Gejala yg dialami adalah waktu sedang mengerjakan sesuatu pada komputer secara datang – datang listrik meninggal maka secara tidak pribadi komputer akan tewas secara datang – datang. Maka yang akan terkena dampak dari tegangan listrik yang tidak stabil yaitu memory Ram & harddisk. Cara mengatasinya adalah menggunakan memakai Ups, jadi listrik nir eksklusif mangkatnamun menyimpan beberapa mnt buat melakukan mematikan personal komputersecara prosedur.2) Slot memori atau Kuningan ram kotor / berebutan.Disebabkan lantaran casing pada komputer dibiarkan terbuka lebar sehingga debu dan kotoran akan masuk ke memory ram. Cara mengatasinya adalah bersihkan  memory Ram menggunakan memakai penghapus karet, caranya yaitu menggunakan menggosokkan pada kuningan tembaga pada memory ram yang terlihat kotor secara merata.3) Overclocking atau memaksa kinerja ram.Biasanya dialami sang para gamer karena melampaui berdasarkan kapasitas memory sebenarnya. Cara mengatasinya merupakan beli ram yg akbar sehingga personal komputertidak perlu dioverclocking sehingga ram nir panas dan mengagumkan kinerja nya.

4. Cara menganalisa & memperbaiki kerusakan pada VGA card.1) Kasus pertamaSaat anda menekan tombol Power pada komputer, komputer menyala ( ditandai lampu indikator Power / HD, atau lampu indikator dalam keyboard / cooler processor) lain dalam personal komputeryg berputar.Ada beberapa kemungkinan yaitu :1. Kemungkinan VGA card tidak terpasang dengan baik.dua. Kemungkinan bentrok dengan VGA ONBOARD.3. VGA rusak atau slot VGA rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.