Media Pembelajaran Berbasis Komputer

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER Jual Komputer Medan

431412082

PROGRAM STUDI PENDIDIKANBIOLOGI

FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

A.   Pengertian Media Berbasis Komputer

Pembelajaran berbasis personal komputeradalah penggunaan suatukomputer buat membantu menyajikan materi pembelajaran kepada anak didik, memantaukemajuan belajarnya atau menentukan bahan pembelajaran tambahan yang sesuai dengankebutuhan belajar murid secara individual (Miarso, 2004).

Mediapembelajaran berbasis personal komputeradalah Penggunaan komputer menjadi mediapenyampaian kabar pembelajaran, latihan soal, umpan balik , dan skor jawabanpeserta didik (Isjoni,dkk, 2007).

Tujuan umumpembelajaran berbasis personal komputeradalah bagaimanaprogram computer digunakansebagai indera bantu buat membicarakan materi pada pembelajaran. Denganberbagai fitur dan aksesoris pendukungnya, (misalnya : teks, suara, gambar,video & animasi.) (Winataputra, 1997).

B.    KarakteristikProgram Pembelajaran Berbasis Komputer

Selain berfungsisebagai alat bantu pada belajar, bahan pembelajaran berbasis komputer jugamemiliki ciri tersendiri. Menurut Slamet Suyanto pada Prakoso (2005).Ciri-ciri bahan pembelajaranberbasis personal komputermerupakan menjadi berikut :

1.      SistemikBahan pembelajaran berbasis personal komputerdisusun secara sistemik danterstruktur.Ada 2 jenis penyusunan pada hal ini :Selain memenuhi galat satu dari jenispenyusunan diatas,pengembangan pembelajaran berbasis personal komputerjuga mempertimbangkanpenyusunan peta konsep keilmuwan. Banyakpilihan yang dapat digunakan dalammenyusun peta konsep, mulaidari konsep mudah ke sulit hingga dengan generik kekhusus, hal initergantung dari kebutuhan Toko Komputer Medan yg diinginkan.

Pemaparan konsep yang kentara & tampilanyang menarik adalah hal pokok dalam pembelajaran berbasis personal komputer . Penggunaanbahasa yang lugas, nir enterpretatif, penggunaanilustrasi yg kentara dandetail pula termasuk syarat absolut pada pengembangan pembelajaran berbasiskomputer.

Sebagian besarprodukpembelajaran berbasis personal komputersangatmudah digunakan, meskipun bagi orang awamsekalipun. Denganpetunjuk penggunaan yang jelas & mempunyai pola logikayangkonkrit berakibat produk PBK gampang dipahami.

Produk pembelajaran berbasis komputerjuga mudah diperbaiki. Penambahan, pengurangan, dan revisi terhadap isi produksangat gampang dilakukan. Berbeda halnya menggunakan bahan cetak, sesudah mengalamiproses pencetakkan materi ajar cetak nir bisa direvisi secara eksklusif,melainkan harus melakukan pencetakan ulang.

5.      Mudah disebarluaskan

Bahan ajar berbasiskomputer sangat gampang buat disebarluaskan, alah satunya merupakan penyebaranmenggunakan media internet

C.   Macam – Macam MediaPembelajaran Berbasis Komputer

Menurut Prawiradilaga: 2004 media pembelajaran berbasis personal komputerterdiri dari:

Saat ini teknologipada bidang rekayasa komputer menggantikan peranan alat presentasi dalam masasebelumnya. Penggunaan perangkat lunak perancang presentasi misalnya Microsoftpower Harga Komputer Medan point yg dikembangkan sang Microsoft inc” yang berbagi banyaksekali jenis software buat mendukung kepentingan tadi. Kelebihanmedia ini adalah menggabungkan semua unsur media misalnya teks, video, animasi,image, grafik dan sound pada pada persentasi power point sebagai akibatnya bisa dibuatsemenarik mungkin.

2. CD / DVD / MultimediaPembelajaran Interaktif

Sifat media iniselain interaktif juga bersifat Grosir Komputer Medan multi media terdapat unsur-unsur media secaralengkap yang meliputi: sound, animasi, video, teks dan grafis.

Macam-macam Model MultimediaPembelajaran yaitu:

a.      Model drill : Memberikan pengalaman belajar yg lebih kongkritmelalui penciptan tiruan-tiruan bentuk dan pengalaman yg mendekati suasanayang sebenarnya.

b.     Model Tutorial: Menggunakan aplikasi berupa acara komputeryang berisi materi pelajaran.

c.      Model Simulasi: Memberikan pengalaman belajar melalui penciptantiruan-tiruan bentuk yg mendekati suasana yang sebenarnya.

d.     Model Games: Model permainan ini dikembangkan dari atas“pembelajaran menyenangkan”, di mana siswa akan dihadapkan pada beberapapetunjuk dan aturan permainan.

Video pembelajaran dapat berupa :

a.       Rekaman output aktivitas pembelajaran

b.      Visualisasi yg dimaksudkann buat membimbing siswa dalam memahamimateri

c.       Prinsip yg hampir sama dengan nonton film.

d.      Video yg bisa di buat sendiri atau download dari situs share video

e.       Video yg disesuaikan menggunakan materi melalui proses editing

Media berbasis internet bisa berupa : email, chatting, video /teleconference, blog, e-learning, web, dll. Tujuan penggunaan internetsebagai media pembelajaran berbasis komputer diDistributor Komputer Medan antaranya:

a.       Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswauntuk belajar secara berdikari

b.      Siswa bisa mengakses secara online menurut berbagai perpustakaan, museum,database, & menerima asal utama mengenai banyak sekali kejadian sejarah,biografi, rekaman, laporan, dan data statistik

c.       Siswa dapat berperan menjadi seorang peneliti, menjadi seorang analis,tidak hanya konsumen keterangan saja

C. Fungsi Komputer pada KegiatanPembelajaran

Menurut Soekartawi: 1999dalam aktivitas pembelajaran, personal komputermempunyai3 fungsi utama yaitu :

Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip,langkah-langkah, proses, & kalkulasi yg kompleks. Komputer pula dapatmenjelaskan konsep tersebut dengan menggunakan sederhana menggunakan penggabungan visualdan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok buat kegiatan pembelajaranmandiri.

Dengan bentuk pembelajaran yg dikemas dalam bentuk games &simulasi sangat bagus dipakai buat menciptakan kondisi global kerja. Beberapacontoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalammedan yg paling berat & sebagainya.

Jika programdidesain secara sempurna dengan memberikan rabat clip bunyi atau video yangisinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap / afektif pun bisa dilakukanmengunakan media komputer.

D. Kelebihan & Kekurangan Pembelajaran BerbasisKomputer

Aplikasi komputerdalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secaraindividual ( individual learning ). Pemakai komputer atau user dapat melakukaninteraksi pribadi menggunakan asal liputan. Perkembangan teknologi komputerjaringan ( komputer / network / Internet ) waktu ini telah memungkinkanpemakainya melakukan hubungan dalam memperoleh pengetahuan dan berita yangdiinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran bisa berlangsung dengantersedianya medium personal komputer . Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlahnegara yang sudah maju memanfaatkan medium ini menjadi saranainteraksi.Pemanfaatan ini berdasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputerdalam memberikan umpan pulang ( feedback ) yg segera pada pemakainya.

a.      Kelebihan Pembelajaran Berbasis Komputer

Rusman. (2000) mengemukakan sejumlah kelebihan & pula kelemahan yang adapada komputer. Aplikasi komputer menjadi indera bantu proses belajar memberikanbeberapa laba antara lain:

1.     Komputer memungkinkan murid belajar sinkron menggunakan kemampuandan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan.

dua.     Penggunaan personal komputerpada proses belajar menciptakan siswa dapatmelakukan kontrol terhadap kegiatan belajarnya.

tiga.     Penggunaan personal komputerpada forum pendidikan memberikankeleluasaan terhadap siswa untuk memilih kecepatan belajar & memilihurutan aktivitas belajar sinkron dengan kebutuhan.

4.     Kemampuan komputer buat menayangkan kembali liputan yangdiperlukan oleh pemakainya, yang diistilahkan dengan “ kesabaran kompute r”,bisa membantu anak didik yang mempunyai kecepatan belajar lambat. Dengan kata lain,personal komputerbisa membangun iklim belajar yg efektif bagi siswa yg lambat (slow learner ), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi anak didik yanglebih cepat ( fast learner ).

lima.     Komputer bisa diprogram supaya sanggup memberikan umpan balikterhadap output belajar dan menaruh pengukuhan ( reinforcement ) terhadapprestasi belajar murid.

6.     Kemampuan komputer buat merekam hasil belajar pemakainya(record keeping), komputer bisa diprogram untuk menilik dan memberikan skorhasil belajar secara otomatis.

7.     Komputer pula bisa dirancang supaya bisa memberikanpreskripsi atau saran bagi siswa buat melakukan kegiatan belajar tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.