Perusahaan Anda Ingin Go Public? Ini Yang Harus Diperhatikan! – Legal2us

SobatLegal perusahaan yg go public atau melakukan Initial jasa konsultan Public Offering (IPO) adalah membuat suatu perusahaan menjadi perusahaan publik. IPO atau bahasa Indonesianya merupakan Penawaran Umum Perdana, sangat erat kaitannya dengan pasar saham. Keberadaan IPO membantu perusahaan yg menjual saham pertamanya untuk menghubungkannya pada si calon investor generik/ publik. 

IPO diminati perusahaan, terutama bagi perusahaan yang membutuhkan dana untuk konsultan ipo membuatkan usaha. Sebelum melakukan IPO, perusahaan kalian harus mempertimbankan beberapa hal ini:Berapa dana yang dibutuhkan dan berapa saham yg akan dijual;Berapa banyak kepemilikan publik yg dipegang oleh pemegang saham pendiri. Pasalnya, bila persentase kepemilikan publik lebih akbar, maka akan ada kecenderungan saham perusahaan akan lebih aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini memicu risiko likuiditas buat investor sebagai semakin rendah.Jika perusahaan mempunyai poly lini bisnis & anak perusahaan, maka hal yg perlu dipertimbangkan merupakan perusahaan atau usaha mana yg akan ditawarkan sahamnya kepada publik. Selain itu, pertimbangkan jua apakah butuh kebijakan perusahaan sebelum penawaran umum, misalnya merger, divestasi aset, atau akuisisi.Perlukah perombakan direksi & komisaris;

Perusahaan yg melakukan IPO wajibmelewati serangkaian tahapan yang ketat. Proses tersebut yg akan memilih apakah perusahaan tersebut dapat masuk pada daftar Bursa Efek Indonesia buat diperdagangkan. Untuk itu beberapa hal ini harus SobatLegal perhatikan:Pembentukan TimTim spesifik ini umumnya dipilih dari karyawan yg telah mengenal baik seluk beluk perusahaan. Hal krusial yg harus dilakukan sang tim IPO internal ini merupakan mempersiapkan segala sesuatunya tentang dokumen prospektus yang diharapkan buat menjadi perusahaan terbuka.

Agar dapat segera terlaksana dengan baik, anggota tim dipilih berdasarkan masing-masing divisi. Adapun beberapa pihak eksternal berprofesional bisa ditunjuk pada membantu  perusahaan, seperti notaris, akuntan publik, konsultan hukum, dan underwriter (Penjamin Emisi Efek).Mengadakan RUPSSebelum menyelenggarakan IPO, baiknya perusahaan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Rapat ini diadakan dengan tujuan buat meminta persetujuan sang semua pemegang saham yang ada. Dalam RUPS tak hanya membahas tentang persetujuan ikut serta dalam IPO, namun juga membahas berapa perkiraan nilai saham yang akan diajukan serta kepentingan pengubahan Anggaran Dasar perusahaan yang mulanya tertutup menjadi terbuka.Kelengkapan Dokumen

Dokumen yang diperlukan umumnya terbagi dalam empat jasa pengurusan ipo kategori. Dokumen korporasi menjadi dasar utama yg diperlukan, mencakup akta pendirian hingga anggaran dasar perusahaan. Menyusul lalu menggunakan dokumen perijinan yang bisa berupa TDP, SIUP, dan lain sebagainya.

Segala dokumen yg berkaitan dengan aset, menjadi kategori selanjutnya yang wajibdipersiapkan. Selain itu, dokumen-dokumen pendukung perusahaan lainnya pula ikut dikumpulkan, seperti besaran penghasilan hingga sengketa apabila pernah dialami.Keterbukaan Laporan Keuangan 

Laporan keuangan merupakan hal yang sangat berpengaruh pada proses IPO. Setiap calon investor akan melihat dan pertimbangan perusahaan yang go public melalui laporan keuangannya. Maka menurut itu, galat satu syarat buat melakukan IPO merupakan laporan keuangan yg dapat dipertanggung jawabkan dan telah pada audit oleh Akuntan Publik.Menyusun Prospektus

Penyusunan prospektus berkaitan erat menggunakan kelengkapan dokumen dan laporan keuangan yg nantinya akan dibuat menjadi sebuah dokumen resmi. Prospektus nantinya akan dipakai sang perusahaan yang akan go public buat menaruh gambaran terkait ajuan penawaran nilai saham.

Penyusunan prospektus dilakukan sang underwriter yang ditunjuk. Nantinya output prospektus akan diperiksa oleh forum aturan eksklusif tentang kesesuaiannya menggunakan dokumen-dokumen yang terdapat.

Itulah yang harus diperhatikan bila perusahaan anda ingin go public. Apabila SobatLegal seluruh masih penasaran atau ingin mengetahui informasi seputar legalitas usaha anda dan artikel modern soal hukum, ikuti terus kami di @legal2us atau melalui laman www.legal2us.com .

Kontributor : Ghirindra Chandra jasa konsultan ipo Maharsi

Leave a Reply

Your email address will not be published.