Sifat Besi Dan Baja

Bijih Supplier Besi Baja besi adalah bahan baku primer buat pembuatan besi kasar, sedangkan besi kasar tersebut merupakan bahan standar buat pembuatan besi tempa, besi masukkan & baja.

Bijih besi didapat menurut hasil penambangan bijih besi. Sedangkan bahan-bahan lain yang bercampur dengan bijih tadi selain kotoran yg merugikan diantaranya belerang ,pospor silika , tanah liat jua ada kotoran yg menguntungkan diantaranya emas, platina, perak.

Adapun yang termasuk bijih besi tadi diantaranya:

Bijih besi jenis ini, memiliki kandungan besi kurang lebih 65 – 70 %

Sedangkan warnanya merupakan: merah tua sampai hitam.Berat Jenis : lebih kurang 4,5 s/d Supplier Besi Baja medan 5,tigaBijih besi ini banyak terdapat di negara: India ,Brasilia, Rusia, Spanyol , Alaihi Salam & Afrika serta Jerman.

dua. MAGNETITE ( Fe3 O4)Kandungan besinya lebih kurang 70 % s/d 73% ,Bijih besi ini merupakan bijih besi yang terbanyak mengandung kadar besi, sedangkan warnanya :hitam atau abu-abu ,Berat jenisnya berkisar: 4,9 s/d 5,dua ,Bijih besi ini sangat kuat dan keras.Bijih besi ini banyak masih ada di Negara: India, Swedia, Rusia, A S, Norwegia & Kanada.

3. PYRITIES (FeS2 )Bijih besi ini termasuk besi sulpat, dengan kandungan besinya berkisar 45 s/d 47 %, sedangkan warnanya kuning sampai coklat

Berat Jenis berkisar : 4,8 s/d lima,1Bijih besi ini poly masih ada pada negara: India, AS, Rusia & Kanada.

4. LIMONITE (2Fe2O3.3H2O )Bijih besi ini diklaim juga sebagai Hydratited-Haematite, warnanya berdasarkan kuning hingga hitam, & kandungan Fe nya kurang lebih 60 %, sedang kadar air sekitar 14,lima %,Berat jenisnya berkisar: 3,6 s/d 4 . Bijih besi ini masih ada di negara: India, Jerman & AS.

lima. SIDERITES (FeCO3).Kandungan besinya kurang lebih 40 s/d 48 % ,sedangkan Berat jenisnya berkisar: 3,7 s/d 3,9 Warnanya kuning sampai coklat. Terdapat di negara: Rusia dan Inggris.

Besi kasar adalah output pemurnian tingkat pertama berdasarkan pada bijih besi. Kandungan besinya berkisar: 92 s/d 95% dan kadar karbonnya sekitar 3 s/d 4% ,selain itu terdapat sedikit kandungan belerang, pospor dan mangaan.

Besi kasar adalah bahan utama pembuatan

Ada beberapa tahapan buat pengolahan bijih besi sebagai besi kasar, diantaranya :

Dressing of iron ores (proses pembersihan )

Calcination and roasting (proses pemangganganSmelting (proses peleburan ) .

BAJAB. PENGUJIAN BAJA – BAJA TULANG.Sesuai menggunakan PBI 71 N I .2 pasal 3.7 maka setiap baja tulangan maupun baja yang didapatkan sang pabrik-pabrik baja ,yg populer dapat digunakan. Pada umumnya setiap pabrik baja tulangan memiliki standard mutu dan jenis baja sinkron dengan yang berlaku pada negara yang bersangkutan. Pada umumnya baja tulangan yang masih ada di pasaran Indonesia bisa dibagi pada mutu,lihat tabMutuSebutanTegangan leleh karakteristikatau tegangan karakteristik yg memberikan regangan tetap 0,2 %U-22

Keterangan:Yang dimaksud menggunakan tegangan leleh karakteristik dan tegangan ciri yang menaruh regangan 0,2% merupakan tegangan yg bersangkutan ,dimana menurut sejumlah besaroutput-output pemeriksaan kemungkinan adanya tegangan yg kurang dari tegangan tadi ,terbatas hingga 5 % saja.Apabila baja tulangan dengan mutu yang meragukan (yang dimuntahkan sang pabrik yang kurang dikenal), maka baja tulangan tersebut wajibdiperiksa oleh forum pemeriksaan bahan yg telah diakui.

Baja Tulangan Ada dua Jenis, Yaitu:1. Baja tulangan polos (BJTP)dua. Baja tulangan deform (BJTD), yaitu bajatulangan yg diprofilkan.Pengujian Tarik Baja Tulangan.Pengujian Tarik Baja Tulangan merupakan suatu pengujian yang bertujuan untuk mencari nilai-nilai tegangan leleh, tegangan maksimum, regangan leleh, regangan maksimum , modulud elastisitas baja tulangan.Dari hasli pengujian tersebut akan diketahui kekuatan dan mutu dari baja tulangan tadi.

Percobaan lengkung merupakan pengujian mekanis secara statis menggunakan maksud buat mengetahui sifat bisa lengkung dari logam yang dipakai menjadi bahan uji.

Pengujian Pukulan (impact Loading Test).

Maksud dari percobaan ini merupakan buat mengetahui sifat bahan logam yg mengalami beban bentur atau kejut dalam aneka macam temperatur.

Kita telah mengenalnya, bahwa kayu menjadi bahan bangunan sudah lamadipakai.

Kayu merupakan bahan bangunan pertama yg dikenal sang insan dalam sejarah eksistensi umat insan.

Kayu menjadi bahan bangunan memiliki beberapa kelebihan ,dibandingkan bahan bangunan lain misalnya baja dan beton.

Kelebihan-kelebihan itu diantaranya:

1. Di Indonesia kayu gampang didapat & mampu didapat dalam sembarang tempat/hutan pada Indonesia.

2. Kayu menjadi bahan bangunan ,mudah diangkut dan bila perlu dibuat balok menggunakan berukuran kecil ,sebagai akibatnya proses pengangkutannya mudah.

tiga. Mudah cara pengerjaan kayu, & bila terjadi kekeliruan pada pembuatan mudah merubahnya.

4. Kayu cukup baik untuk pekerjaan didalam air ,karena kayu tidak mungkin berkarat ,menggunakan kondisi kayu wajibterendam pada air terus.

lima. Kayu merupakan bahan bangunan yang baik buat pekerjaan penyekat panas, penyekat bunyi dan lain-lain.

Sifat fisik kayu:Beberapa hal yg tergolong pada sifat kayu merupakan: Berat Jenis (BJ), keawetan alami, rona, higroskopik, berat, kekerasan .Berat Jenis (B J).Kayu mempunyai berat jenis yang bhineka ,berkisar antara 0,20 s/d 1,28 . Berat jenis adalah petunjuk krusial bagi aneka sifat kayu. Makin berat kayu itu, umumnya makin kuat juga kayunya.Berat jenis diperoleh dari perbandingan antara berat suatu volume kayu eksklusif dengan volume air yang sama pada suhu baku.

Keawetan alami kayu:Yang dimaksud dengan keawetan alami ialah ketahanan kayu terhadap serangan dari unsur-unsur perusak kayu menurut luar seperti: jamur, rayap, serbuk, cacing laut & mahluk yang lainnya.Warna Kayu:Ada beraneka macam warna kayu diantaranya: rona kuning, coklat muda, coklat tua ,kehitam-hitaman & lain-lain.Hal ini ditimbulkan oleh zat-zat pengisi warna dalam kayu yang bhineka.Higroskopik.Kayu mempunyai sifat higroskopik, yaitu bisa menyerap atau melepaskan air atau kelembaman. Suatu petunjuk bahwa kelembaman kayu sangat dipengaruhi sang.

Kelembaman dan suhu udara dalam suatu waktu.Dengan masuknya air ke pada kayu, maka berat kayu akan bertambah . Selanjutnya masuk dan keluarnya air menurut kayu mengakibatkan kayu itu basah atau kering. Akibatnya kayu akan mengembang atau menyusut.Tekstur.Tekstur ialah berukuran relatif sel-sel kayu. Yang dimaksud dengan sel kayu merupakan serat-serat kayu, Jadi bisa dikatakan tekstur adalah berukuran relatif serat-serat kayu .Berdasarkan teksturnya jenis kayu digolongkan sebagai:a. Kayu bertekstur halus, contoh kayu giam, lara ,kulim dll.b. Kayu bertekstur sedang , model kayu jati, snokeling dll.c. Kayu bertekstur kasar, contoh Kayu Supplier Besi Baja medan meranti, kampas dll

Serat.Bagian ini terutama menyangkut sifat kayu, yang pertanda arah umum sel-sel kayu pada pada kayu terhadap sumbu btg pohon dari potongan tersebut . Arah serat bisa dipengaruhi sang arah alur-alur yang terdapat dalam permukaan kayu.Berat Kayu.Berat sesuatu jenis kayu tergantung berdasarkan jumlah zat kayu yang tersusun, rongga-rongga sel atau jumlah pori-pori, kadar air yang dikandung dari zat-zat ekstraktif di dalamnya. Berat jenis kayu bisa digolongkan menjadi:Kelas berat kayuBerat Jenisa. Sangat berat

http://cahblora.com/2009/01/16/sifat-besi-&-baja/

Leave a Reply

Your email address will not be published.